Administrasi Belajar TIK Kelas 10
Administrasi Belajar TIK Kelas 10
Status Kurikulum yang digunakan pada SMA adalah Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.1 Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, angka, presentasi).
4.1.1 Membuat laporan yang membutuhkan integrasi objek berupa teks, data dalam bentuk angka maupun visualisasi chart/grafik, gambar/foto.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.2.1 Memahami interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna.
3.2.2 Mengenal jenis-jenis persoalan terkait penggunaan komputer yang lebih kompleks dari sebelumnya.
4.2.1 Memakai fitur lanjut aplikasi office
4.2 Melakukan interaksi (transfer data, tethering) antara dua atau lebih perangkat yang berbeda.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.3 Mengenal jaringan komputer lebih teknis.
4.3.1 Menjelaskan komponen jaringan dan mekanisme yang terjadi dalam sebuah jaringan.
4.3.2 Menjelaskan jenis-jenis jaringan komputer
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.4 Memahami bahwa data dapat dikoleksi secara kontinyu dan otomatis melalui berbagai perangkat.
3.5 Memahami aspek privasi dalam pengumpulan data.
3.6 Memahami data yang terkumpul dalam jumlah besar yang dapat ditransformasi, digeneralisasi, disederhanakan.
3.7 Mengenal berbagai cara visualiasi data.
4.4 Melakukan berbagai cara pengumpulan data yang dijelaskan di kelas
4.5 Mengambil dan mempublikasi data dengan memerhatikan aspek privasi. memanfaatkan fitur visualisasi dari pengolah angka.
4.6 Memroses data dengan fitur lanjut pemroses angka.
4.7 Memvisualisasikan data dalam jumlah besar serta memberikan interpretasi yang berdasarkan penalaran dan prediksi data dengan
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.8.1 Mengenal notasi algoritma.
3.8.2 Mengenal struktur/templates program dalam bahasa yang diajarkan.
3.8.3 Memahami variabel, value, konstanta, ekspresi dan instruksi input/output.
3.8.4 Memahami mekanisme eksekusi kondisional dan loop.
3.8.5 Memahami struktur data dasar (array sederhana).
4.8.1 Menulis program sederhana dengan satu program utama yang memakai salah satu atau gabungan dari pengetahuan 3.8.1 sampai dengan 3.8.5
4.8.2 Mengkombinasikan struktur kontrol dan mengetahui akibatnya, berdasarkan dengan pengathuan 3.8.1 sampai dengan 3.8.5
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.10.1Mengenal Aspek sosial dari penggunaan komputer.
3.10.2Mengetahui bahwa rancangan dan penggunaan teknologi dapat memperbaiki kualitas hidup atau memperburuk, bahkan memperlebar kesenjangan untuk mengakses informasi.
4.10 Menunjukkan dan menjelaskan kasus-kasus sosial dari implementasi produk TIK yang menimbulkan dampak positif dan/atau negatif.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.11 Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan yang lebih kompleks dari sebelumnya, yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data, serta berpola.
4.11 Memecahkan persoalan agak kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data serta berpola.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.12 Cross-Cut Component, Capstone (Integrasi pengetahuan dan keterampilan), Praktek
4.12.1 Membina Budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
4.2.2 Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing.
4.12.3 Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer.
4.12.4 Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
4.12.5 Mengembangkan Artefak komputasional (produk TIK): Siswa mampu membuat program sederhana untuk menunjang komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
4.12.6 Mengembangkan rencana pengujian, Menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK).
4.12.7 Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan,